Ide FotoTraveling Anti-Mainstream

October 31, 2017


Bagi kamu yang sering jalan-jalan atau berencana akan jalan-jalan baik di dalam maupun luar negeri dalam waktu dekat, tapi bosan dengan swafoto alias selfie atau foto-foto landscape yang biasa, ada beberapa ide/objek foto yang tidak biasa untuk memberikan feel yang "lebih" pada momen perjalanan kamu. Let's check it out!

1. Foto Kaki 


Foto kaki yang dimaksud bukan sembarang foto kaki lho ya :D Foto kaki ini bisa jadi opsi waktu kamu pertama kali datang atau jalan-jalan di suatu tempat. Meskipun kesannya tidak terlalu penting, tapi menurut saya foto kaki ini tidak biasa dan bisa jadi suatu pengingat kalau kita pernah datang dan penanda bahwa "Saya pernah menjejakkan kaki disini!". Momen menjejakkan kaki terutama di tempat yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya merupakan momen yang menakjubkan dan tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata *uhuk. Supaya enak dilihat, pastikan komposisi kaki kita dengan latar belakang (background) sesuai. Kalau bisa foto di dekat/di atas sesuatu yang menandakan kita berada di suatu tempat yang spesifik. Bisa juga foto kaki bersama teman seperjalanan rame-rame supaya lebih seru.
Contoh: Foto kiri atas saya ambil ketika pertama kali saya berkunjung ke Singapura, tepatnya di Jubilee Bridge, Marina Bay. Plat logam bertuliskan "SG 50" (Ulang tahun Singapura ke -50) memperkuat foto bahwa saya benar-benar berada di Singapura. Lain halnya foto kiri bawah, foto dengan berlatar belakang salju ini sebagai pendanda bahwa itu adalah momen my first snow dan pertama kali saya merasakan musim dingin. 

2. Foto Tiket


Ide foto yang kedua yaitu foto tiket. Tiket ini bisa bermacam-macam, bisa tiket nonton konser, tiket nonton acara olahraga, tiket masuk wahana/landmark, tiket bus/kereta api, tiket masuk museum, tiket masuk venue, tiket toilet (waktu di Belanda, toilet umumnya berbayar dan nanti dikasih tiket diskon untuk masuk toilet berikutnya), dan sebagainya. Seperti tips di poin 1, jangan lupa perhatikan latar belakang fotonya ya. Fokusnya terutama bukan ke wajah, tapi ke tiket. Jadi relakan kamu kelihatan blur di foto demi tulisan di tiket terlihat jelas dan menggambarkan dimana kita berada waktu itu. 
Contoh: Foto pojok kanan bawah adalah tiket kereta api di Brussels (ibu kota Belgia) dengan latar belakang city center Brussels yang terkenal. Tiket ini cukup berbeda dengan tiket kereta di negara Eropa lain. Warna tiket yang cerah dan menarik, I couldn't helped not to took pictures of it :D

3. Coba kuliner khas? Snap!

Meskipun foto makanan/kuliner sudah jadi tren, tapi enggak ada salahnya buat foto kuliner khas yang hanya ada di tempat itu. Diperkuat dengan background (lagi-lagi background sangat penting untuk memperkuat pesan di dalam foto) supaya meyakinkan. Kalau fotonya cantik, lumayan bisa di post di media sosial buat nambah followers. Itung-itung bisa memberikan referensi atau informasi ke orang lain.
Contoh: Foto kiri : Irn Bru adalah minuman soda rasa jeruk khas Skotlandia, produk Skotlandia dan hanya ada di Skotlandia; Foto kanan: Belgian Waffle yang terkenal, difoto di depan salah satu gerai waffle (pannekoeken) yang ramai di sekitar city center Brussels.

4. Pose anti-mainstream di Landmark 


Waktu mengunjungi tempat wisata tertentu, seringnya di tempat tersebut punya landmark yang jadi spot foto wajib waktu berkunjung. Kalau belum foto disitu, belum afdol rasanya :D Semisal, Jakarta - Monas, Surabaya - Patung Ikan dan Buaya, Paris - Eiffel, Singapura- Merlion, Malaysia - Petronas Tower/Twin Tower, dan masih banyak lagi. Tapi, supaya enggak bosan dengan foto di landmark yang itu-itu saja, kita bisa ambil foto dengan teknik freeze dengan pose lompat (jump). Jangan lupa siapkan pose-pose aneh waktu lompat, lebih seru lagi kalau foto bersama/ group photo. Dijamin jadi momen yang tak terlupakan!  
Contoh: Foto di atas diambil di landmark kota Brussels, Atomium. Kata orang, kalau main ke Belgia, sempatkanlah main ke Atomium. Meskipun enggak masuk ke dalam Atomium karena budget main terbatas, tapi foto lompat di depan Atomium sudah bisa membuat kami bahagia :))

5. Tulis Pesan untuk Teman atau Orang Terdekat


Jalan-jalan sendirian atau bersama teman sejawat, meninggalkan orang terdekat? Tulislah pesan untuk mereka dan foto tulisan tersebut di tempat-tempat indah ketika kamu pergi! Pesan bisa berupa harapan semoga orang tersebut bisa segera mengunjungi tempat itu, selamat ulang tahun, ucapan rindu, ucapan selamat atas suatu pencapaian, dan lain-lain. Tulis pesan di kertas yang menarik, selain untuk menunjang estetika foto, bisa juga dengan tujuan menghargai orang tersebut dan menghilangkan jarak yang ada *tsah. Bisa juga dijadikan sarana buat nembak atau melamar karena menurut saya ide ini cukup romantis. Modus ini sedang hits di kalangan anak-anak pecinta alam yang berhasil mencapai puncak gunung lalu mengabadikan pesan tertentu dengan background pemandangan indah dari puncak gunung. 
Contoh : Saya menulis pesan untuk adik sepupu saya di taman bunga tulip Keukenhof, Belanda (atas) dan London (bawah) karena adik saya suka dan pengen banget bisa mengunjungi kedua tempat tersebut. Ada juga teman yang mengunci gembok di jembatan lalu menuliskan namanya beserta pasangan kemudian diabadikan. Ada juga teman yang menuliskan tiap abjad nama pacarnya di tempat yang berbeda-beda, kemudian digabungkan menjadi satu. Selamat berkreasi dengan ide gila masing-masing! :)

6. Forced perspective 


Forced perspective adalah salah satu teknik fotografi yang memasukkan objek dengan tujuan memanipulasi persepsi manusia, membuat ilusi optik supaya objek dalam foto terlihat kecil atau besar, lebih besar, lebih kecil, dsb. Kasus saya kali ini adalah saya mencetak foto teman saya dengan pose lucu dan memfoto cetakan tersebut di tempat-tempat ikonik dan indah. Perlu effort lebih memang, tapi bisa jadi salah satu ide kejutan untuk teman/pacar/pasangan, dengan dalih kita tidak pernah melupakan mereka meskipun terpisah ruang jarak dan waktu *syahdu euy. Nantinya foto bisa dikolase menjadi satu dan diberikan sebagai oleh-oleh. Yay!

Demikian ide-ide yang bisa kalian coba ketika jalan-jalan. Saran saya, jangan lupakan detail dari masing-masing perjalanan kamu, coba sudut-sudut pengambilan gambar yang berbeda, dan kreasi dengan komposisi dan warna biar hasil foto jadi beda dan menarik. Kamu punya ide lain yang anti-mainstream juga? Feel free to share your ideas in the comment below! Salam jepret! 

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

recent posts

Quotes

"What I like about photographs is that they capture a moment that's gone forever, impossible to reproduce."
- Karl Legerfeld