Why BW instead color?

September 15, 2017


Banyak orang bertanya-tanya soal akun instagram saya yang fotonya cuma hitam putih atau istilah fotografinya black and white/BW. Kebanyakan dari mereka penasaran, "Kenapa sih harus hitam putih?", "Kamu suka foto BW ya?". Ada beberapa yang kritik juga, "Kenapa harus dibikin hitam putih? Kan kalau berwarna lebih bagus.", tapi ada juga yang hanya memaklumi dan setia jadi penikmat rahasia (bukan pemuja rahasia lho ya :D). Baiklah teman-teman yang budiman, saya persiapkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kalian:
"Kamu suka foto BW ya?"
Yep, aku memang suka hitam putih, bahkan sejak pertama latihan fotografi secara serius dulu di unit kegiatan mahasiswa UFO UGM. Menurutku foto BW itu lebih fokus ke ekspresi objek, detail, elegan, dan deep.
"Kenapa sih harus dibikin BW? Kalau warna pasti lebih bagus" 
Well, guys. Setiap orang punya preferensi masing-masing. Nah, BW ini jadi preferensi utama saya. Mungkin kalian berpendapat kalau foto berwarna lebih bagus atau sesuai dengan jaman. Monggo, itu saya anggap preferensi anda. FYI, Zaman dulu foto ya cuma ada hitam putih, tapi ga mengurangi keindahan nya kok. (Take a look at Ansel Adams' legendary BW photos: http://anseladams.com/). Jadi kalau foto-foto saya BW tapi enggak bagus, please blame it on me, karena serta merta akibat teknik foto yang belom canggih dan mentah :D.
"Kak fotonya dibikin BW biar keliatan seragam ya?"
Betul! If you want your gallery looks outstanding, one way that you can try is to post pics in one big theme. At least itu saran yang saya baca dari salah satu instagram-influencer yang followernya udah jutaan. Tentunya bukan karena mereka artis ya, tapi foto-foto mereka emang bagus atau paling enggak kekinian dan sesuai sama selera anak muda. Dan, tema besar yang saya pertahankan adalah si-BW itu sendiri. Tapi, foto-foto saya masih selalu dalam tahap belajar, bahkan saya belom puas sama foto-foto saya sendiri, hehe.
"Kakak berarti ga pernah foto berwarna?"
Saya tetep suka foto berwarna lho, dan tetap foto di mode warna. Apalagi kalau warnanya mbladus alias washed khas foto-foto dari film zaman dulu. Saya tetep suka kepo foto-foto racikan National Geographic yang ciamik dan badai itu. Suka liat foto-foto Reuters atau Pulitzer. Saya juga tetep keep up sama teknologi terkini kok :D

Sampai detik ini sih, saya tetep suka foto-foto BW. Semoga terus bisa konsisten ke depannya dan bisa menghasilkan foto sekeren Ansel Adams. Meskipun cuma hobi, tapi enggak berarti kita enggak bisa memaksimalkan bakat dan keterampilan kita kan :)

Don't stop learning on everything!

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

recent posts

Quotes

"What I like about photographs is that they capture a moment that's gone forever, impossible to reproduce."
- Karl Legerfeld